Untitled-1
Untitled-2
previous arrow
next arrow

PROFIL PERUSAHAAN

PT GAJAH INDO SERTIFIKASI (PT GIS) adalah badan usaha yang berbadan hukum berbentuk “Perseroan” didirikan dengan Akta Nomor 01 Tanggal 22 Agustus 2022 yang dibuat oleh Mia Nuraini S.H., M.Kn., yang berkedudukan di Kabupaten Purwakarta.

Akte Pendirian perusahaan tersebut juga telah disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-0057929.AH.01.01.TAHUN 2022 Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perseroan Terbatas PT GAJAH INDO SERTIFIKASI pada tanggal 25 Agustus 2023.

PT GIS juga telah terdaftar di BKPM melalui Online Single Submission (https://www.oss.go.id) dan memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) dengan salah satu bidang usahanya adalah Jasa Sertifikasi (KBLI 71201).

Seluruh kegiatan Sertifikasi ISPO dikendalikan oleh Manajemen PT GIS yang berkantor di:

GRIYA/PONDOK INDAH Blok E7 No. 18, Desa Munjul Jaya, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Kode Pos: 41117

Tel/Fax. 081386746006 & E-mail: gajahindosertifikasi@gmail.com

VISI & MISI

Visi

Visi PT GIS adalah “Menjadi Lembaga Sertifikasi yang Handal, Profesional, Bertanggung-jawab dan Kompetitif

Misi

Misi PT GIS adalah “Menghasilkan produk jasa sertifikasi yang kredibel dan dikelola oleh sumberdaya manusia yang kompeten, sehingga memberikan kepuasan paripurna kepada pelanggan dan segenap pemangku kepentingan.”

KEBIJAKAN DAN SASARAN MUTU

KEBIJAKAN MUTU

  • PT GIS menjamin dan menjaga mutu dan profesionalisme dalam seluruh aspek fungsinya dan bahwa semua jasa sertifikasi yang dihasilkan adalah melalui proses yang cermat dan akurat serta terdokumentasi.

  • PT GIS memberikan pelayanan kepada pihak-pihak yang membutuhkan sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam Dokumen Mutu PT GIS.

  • Manajemen Puncak PT GIS bertanggung-jawab dalam penerapan sistem manajemen Lembaga Sertifikasi PT GIS.

  • Manajemen Puncak PT GIS memiliki komitmen terhadap ketidakberpihakan dalam kegiatan Sertifikasi ISPO dan menjaga kerahasiaan klien.

  • Manajemen Mutu PT GIS menjamin keterpaduan sistem mutu, memberi saran dan memantau seluruh aspek mutu dalam pelaksanaan kegiatannya, serta melakukan perbaikan sistem dan kinerja secara terus menerus.

  • Manajemen Mutu memastikan bahwa kebijakan mutu ini dimengerti, dilaksanakan dan dipelihara pada semua tingkatan di dalam organisasi PT GIS.

SASARAN MUTU 2023/2024

  • PT GIS melayani jasa sertifikasi kepada klien dengan tingkat kepuasan minimal 90%.
  • PT GIS memberikan layanan jasa Sertifikasi ISPO dengan hasil yang dapat dipertanggung-jawabkan secara profesional, moral dan hukum tanpa ada keluhan dan banding terkait keputusan sertifikasi.

  • Jumlah pemohon Sertifikasi ISPO sebanyak 20 klien pada Tahun 2023/2024.

SISTEM NILAI

  • Ketidakberpihakkan

Ketidakberpihakan (independensi) adalah sikap untuk tidak menerima pengaruh apapun didalam penugasan selain dari pelaksanaan penilaian/ verifikasi berdasar metoda ilmiah yang sudah dirancang. Kekuatan penilaian/verifikasi (power assessment) adalah pada hasil penilaian/verifikasi yang tepat dan akurat, antara lain adalah: a) metoda ilmiah, b) instrumen verifikasi, c) akurasi data dan informasi, d) ketepatan analisis dan akurasi kesimpulan penilaian/verifikasi.

PT GIS merupakan lembaga sertifikasi yang tidak berpihak sehingga mampu memberikan sertifikasi yang terpercaya, yaitu bebas dari konflik kepentingan (conflict of interest).

PT GIS mempunyai sikap untuk tidak menerima pengaruh apapun dalam penilaian/audit untuk Sertifikasi ISPO, dan berdasarkan metodologi ilmiah sebagai acuan pelaksanaan Sertifikasi ISPO.

Sumber pendapatan PT GIS berasal dari pembayaran sertifikasi kliennya, dan hal ini merupakan suatu ancaman potensial terhadap ketidakberpihakan.

Untuk mendapatkan dan memelihara kepercayaan, keputusan sertifikasi PT GIS selalu didasarkan pada bukti objektif dari kesesuaian (atau ketidaksesuaian) yang diperoleh dan keputusannya tidak dipengaruhi oleh kepentingan lain atau oleh pihak lain.

  • Kompetensi

Standar kompetensi adalah pernyataan yang menguraikan ketrampilan, pengetahuan dan sikap yang harus dilakukan saat bekerja serta penerapannya sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh tempat kerja.

Suatu unit kompetensi terdiri dari spesifikasi sikap, pengetahuan dan ketrampilan serta penerapan yang efektif dari sikap, pengetahuan dan ketrampilan tersebut terhadap standar yang ditetapkan.

PT GIS didukung oleh personel yang kompeten dalam sistem manajemen lembaga sertifikasi dimaksudkan agar dapat memberikan sertifikasi yang terpercaya.

  • Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya kalau terjadi apa-apa kalau dituntut, dipersalahkan, diperkarakan. Bertanggung jawab berkewajiban menanggung, memikul tanggung jawab segala sesuatunya.

PT GIS memiliki tanggung jawab untuk mengakses bukti objektif yang memadai sebagai dasar pengambilan keputusan sertifikasi. Berdasarkan kesimpulan audit, PT GIS membuat suatu keputusan untuk memberikan sertifikasi jika terdapat bukti kesesuaian yang memadai atau tidak memberikan sertifikasi jika tidak terdapat bukti kesesuaian yang memadai.

  • Keterbukaan

Keterbukaan (transparansi) penilaian/audit, keseluruhan prosesi penilaian/audit diketahui oleh auditi dan lembaga sertifikasi, sebagai jaminan agar tindak penilaian/audit tidak menyimpang dari perilaku penilai/auditor.

PT GIS menyediakan akses kepada publik atau memaparkan informasi secara tepat waktu mengenai proses audit dan proses sertifikasinya, serta status sertifikasi suatu organisasi (misalnya, pemberian sertifikasi, perluasan, pemeliharaan, pembaruan, pembekuan, pengurangan lingkup, atau pencabutan sertifikasi), agar selalu mendapat kepercayaan atas integritas dan kredibilitas sertifikasi. Keterbukaan merupakan prinsip dalam mengakses atau memaparkan informasi secara tepat. Status sertifikasi dapat diakses melalui website https://www.gajahindosertifikasi.com.

Untuk mendapatkan atau memelihara kepercayaan sertifikasi, PT GIS selalu menyediakan akses atau dapat memaparkan informasi secara tepat yang tidak bersifat rahasia mengenai kesimpulan audit spesifik (misalnya, audit untuk menanggapi keluhan) kepada pihak tertentu yang berkepentingan.

  • Kerahasiaan

Untuk mendapatkan akses istimewa terhadap informasi yang diperlukan bagi PT GIS dalam mengases kesesuaian terhadap persyaratan sertifikasi, PT GIS selalu menjaga kerahasiaan seluruh informasi klien.

  • Daya Tanggap Terhadap Keluhan

Pihak yang mempercayai sertifikasi klien PT GIS dapat meminta segala keluhan diselidiki. Jika keluhan benar, sebaiknya pihak tersebut memperoleh kepastian bahwa keluhan ditangani dengan benar dan diselesaikan secara layak.

Daya-tanggap terhadap keluhan merupakan sarana perlindungan yang efektif bagi PT GIS, kliennya dan pengguna sertifikasi lainnya terhadap kesalahan, kelalaian atau perilaku yang tidak wajar. Kepercayaan dalam kegiatan sertifikasi akan terpelihara apabila keluhan diproses secara benar.

Keseimbangan antara prinsip keterbukaan dan kerahasiaan, termasuk daya tanggap terhadap keluhan, adalah penting untuk menunjukkan integritas dan kredibilitas kepada seluruh pengguna sertifikasi PT GIS.